numpang iklan dsini

Senin, 31 Januari 2011

cara paling efektif menghilangkan rasa pedas pada lidah!! mau tauu???

Tahukah kamu, bagaimana cara paling efektif menghilangkan rasa pedas pada lidah??? yaaa langsung aja ke TKP. Menghilangkan rasa pedas dengan minum air dinginatau panas sebenarnya sama aja, rasa pedasnya itu tidak akan hilang. Yang terjadi hanyalah pengaruh air hangad yang memperbesarkan pori pori lidah kita, sehingga seolah olah lidah kita mati rasa.

Cara tecepat menghilangkan rasa pedas adalah dengan meminum susu. Rasa pedas karena memakan cabai atau chili sauce disebabkan oleh suatu zat yang disebut kapsaisin. Kasein susu dapat "mengentalkan" senyawa kapsaisin dan "menarik" mereka dari permukaan lidah sehingga memb antu menghilangkan rasa pedas dimulut setelah memakan cabai.

kapsaisin sulit larut dalam air, dan karena itu meminum air tidak dapat menghilangkan dengan cepat rasa pedas, terutama bagi orang yang memiliki lidah sensitif.

kapsaisin terletak di dalam "urat" putihnya cabai, tempat melekatnya biji. Jadi bukan pada biji itu sendiri.
Makanya untuk mengurangi/menghilangkan rasa pedas, bagian ini biasanya akan dibuang dan dicuci/direndam air.

walau begitu, kapsaisin juga memilki efek candu. akibatnya orang bisa begituketagihan memakan cabai. Namun sifat candu di sini bukan seperti marijuana atau orfin, melainkan bersifat stomakik, yang artinya meningkatkan nafsu makan.

kapsaisin juga bersifat antikoagulan, membantu mencegah pengentalan darah. Dan karena kepedasannya biasanya orang akan meminum air yang banyak, dan ini juga sangat bagus untuk mencegah pengentalan darah.

senyawa aktif kapsaisin bisa digunakan untuk pengobatan luar. Param kocok dibuat dari senyawa ini, dan digunakan untuk mengurangi rasa pegal dan rematik.


 
;